Workshop konseling : Keterampilan mendengarkan untuk membantu diri dan orang lain

Rumahberbagi.id merupakan social enterprise yang bergerak di bidang pendidikan, kesehatan mental dan industri kreatif.

Rumahberbagi.id berada dalam naungan sejenakhening.com yang mengkampanyekan dan mengedukasi kesehatan mental di setiap program yang dilakukan. Awal mula pembentukan Rumahberbagi.id dimaksudkan untuk dapat mendukung setiap program kerja yang dilaksanakan oleh sejenakhening.com terutama yang berhubungan dengan kegiatan sosial.⁣⁣

Untuk menjadi bagian dari RumahBerbagi.id, Para Penjaga Waras terlebih dahulu mengikuti proses perekrutan.

Serangkaian proses dimulai dari psikotest hingga tahap wawancara yang berlangsung selama dua hari. Dari hasil akhir, 10 pemuda dengan latar belakang yang berbeda lolos untuk melengkapi personil disetiap Departemen RumahBerbagi.id.

Sebelum menjalankan peran masing-masing Departemen, Para Penjaga Waras wajib mengikuti Workshop Konseling : Keterampilan Mendengarkan untuk Membantu Diri dan Orang lain bersama kak Sustriana Saragih, M.Psi., Psikolog atau yang akrab disapa kak Sus.

Workshop Konseling berlangsung selama dua hari (Sabtu 18 – Minggu 19 Mei 2019) di kantor RumahBerbagi.id. Tujuan dari Workshop ini yaitu menjadi pendengar yang baik dan menumbuhkan cinta pada diri sendiri kemudian ke orang lain. Para Penjaga Waras yang mencintai diri dan semua orang, yang mendengarkan dan memahami setiap yang datang kepada kami.

Proses yang kami lewati cukup panjang. Mulai dari mengenal diri kemudian orang sekitar, belajar menjadi pendengar yang baik, melatih empati dan banyak lagi. Selama berproses bersama ka Sus, banyak hal yang tidak terduga menguras energi yang cukup besar. Energi yang dihasilkan pun sangat luar biasa. Tidak mudah. Layaknya Role Coaster, perasaan kami naik turun berputar tak karuan. Kami menyebutnya sebagai proses healing.

Kelas Workshop ditutup dengan sesi meditasi untuk menenangkan diri mengisi kembali energi. Journey kali ini adalah awal agar kami bisa lebih memahami dan mencintai untuk kesehatan mental diri dan orang lain.

Terima kasih untuk kak Sus.

Terima kasih untuk seluruh tim dalam journey yang luar biasa ini.

Selamat bertumbuh jiwa-jiwa yang kuat.

Selamat mengisi teko cinta pada diri.

Salam penjaga waras.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *